Saturday, September 21, 2013
0 comments

Apa LED TV Itu ?


LED TV


Saat ini pasar TV digital telah diramaikan oleh hadirnya teknologi televisi berlayar datar yang disebut dengan LED TV.
Perusahaan yang paling aktif dalam memproduksi TV berteknologi LED ini diantaranya adalah : LG Electronics, Samsung Electronics, Toshiba, dan lainnya.
Pada artikel ini saya akan sedikit menjelaskan tentang mengenai
Apa sih TV LED itu ??
Sebetulnya LED TV adalah pengembangan dari  teknologi LCD TV saja, yang mana jenis TV LED ini menggunakan teknologi LED Backlight untuk mengganti cahaya fluorescent,
teknologi yang selama ini digunakan untuk LCD TV. Terdapat dua macam tipe LED TV yg beredar di pasar : LED dan RGB LED yang ditaruh di bagian belakang panel display/layar,
dan tipe lain yaitu EDGE-LED yang mana LED ditaruh di bagian keliling layar.

Rasio Kontras Yang Lebih
Kemampuan TV dalam menunjukkan area kontras lebih tinggi pada layar dibanding teknologi lain.
Dalam hal ini, warnya kontras yang tinggi ialah hitam atau putih.
Perbedaan antara warna yang terang dan gelap pada layar jauh lebih baik dibanding dengan teknologi lain.
Dapat Anda buktikan dengan menonton film dengan adegannya pada saat malam hari dan gelap, yang mana warna hitam yang benar-benar gelap dengan warna yang tidak begitu gelap dapat dibedakan dengan jelas.


Sudut Pandang TV LED

Sudut pandang atau angle dimana gambar di layat TV bisa dilihat. Jika Anda menonton menggunakan TV LED dari sudut kemiringan 45 derahat misalnya, makan gambar pada layar masih dapat terlihat jelas dibanding jika Anda menonton daru arah yang sama dengan TV teknologi lainnya (kecuali TV plasma yang teknologinya hampir setara dengan TV LED).

Kelebihan dari TV LED

Tingkat ke-kontras-an yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan LCD TV, sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan TV Plasma.
Dapat menghasilkan produksi TV yang lebih tipis jika dibandingkan dengan teknologi TV LCD, ketebalannya yaitu hanya sekitar 25 mm saja.
serta akan lebih ramah terhadap lingkungan serta bebas radiasi.
Konsumsi tenaga listrik yang jauh lebih rendah atau hemat, yaitu sekitar 20-30% saja, lebih kecil jika dibanding TV LCD konvensional.
Bermacam - macam produk TV LED dari perusahaan terkenal diseluruh dunia, untuk menawarkan fitur fitur Digital TV Tuner, pemrosesan gambar digital,
serta fitur-fitur lainnya yang terbaru dan canggih.

Kekurangan dari TV LED

Harganya yang relatif lebih mahal jika dibanding TV LCD,
saat ini dalam ukuran yang sama dengan TV LCD, harganya sekitar 50% lebih mahal.


Jadi Kesimpulannya ialah:

Secara Global TV LED menawarkan pada konsumen kualitas gambar yg lebih baik dan berkualitas jika dibandingkan dengan TV LCD, terutama dalam hal ke-kontras-an gambar
dan kesempurnaan dari warna hitam, meskipun untuk sebagian besar konsumen, perbedaan tersebut tidak dirasakan sama sekali.
Hal tersebut. dikarenakan kualitas dari TV LED yang semakin sempurna. Jika dibanding dengan TV Plasma, kualitas yg ditawarkan kurang lebih setingkat atau mungkin lebih,
karena TV LED keluaran terbaru sudah menawarkan bermacam-macam fitur tambahan guna mengolah gambar.

Selisih harga yang sangat berbeda dengan TV LCD, tidak membuat pasar TV LCD ini kecil, karena fisik TV LED ini lebih tipis serta bentuknya yang lebih elegan.
Untuk sebagian masyarakat, yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam menikmati multimedia, televisi jenis ini tetap menarik untuk dilirik. 
Jenis Plasma sendiripun sebenarnya sudah mulai tidak menarik minat pembeli, dan semakin ditinggalkan sejak tahun 2007.

Ini semua berpulang pada calon pembeli. Jika anggaran yang ada mencukupi, maka pilihan LED TV rasanya cukup tepat.
Namun jika anggarannya terbatas, Maka TV LCD mungkin sudah cukup, karena fitur yang disediakanpun sebenarnya sudah cukup, ringan, dan juga hemat listrik.

0 comments:

Post a Comment

 
Footer
Top